6 Ramuan Bahan Herbal Pengobatan Gejala Penyakit Asam Urat dan Rematik

Memang Asam Dan Rematik Merupakan Jenis Penyakit Yang Berbeda Namun Dalam Penyembuhan Gejala Penyakit Asam Urat Dan Rematik Dapat Dilakukan Dengan Cara Yang Sama Yaitu Dengan Menggunakan Ramuan Bahan Herbal.

6 Ramuan Bahan Herbal Pengobatan Gejala Penyakit Asam Urat dan Rematik

Gejala penyakit asam urat dan rematik akan sangat mengganggu aktivitas sehari – hari sehingga diperlukan sebuah penanganan yang khusus. Kebanyakan orang merasa bingung antara asam urat dan rematik. Memang kemiripan antara kedua jenis penyakit tersebut akan membuat kebanyakan orang menganggap keduanya merupakan jenis penyakit yang sama, padahal sebenarnya tidak. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit rematik, namun penderita rematik belum tentu mengidap penyakit asam urat.

Perbedaan dan persamaan asam urat dengan rematik

Perbedaan pertama antara asam urat dan rematik adalah penyebab dari kedua jenis penyakit ini. Di mana asam urat disebabkan karena terdapat kandungan asam urat di dalam darah yang meningkat sehingga kadar asam urat di dalam tubuh akan melebihi batas normal. Sedangkan penyebab rematik terjadi karena terdapat pengapuran sendi. Selain itu, rematik juga bisa disebabkan karena adanya penumpukan asam urat. Sehingga penderita asam urat juga dapat terserang rematik. Tetapi, orang yang mengidap rematik belum tentu memiliki penyakit asam urat, sebab rematik bisa disebabkan oleh beberapa faktor bukan hanya asam urat yang menumpuk.

Perbedaan kedua antara asam urat dan rematik adalah bagian organ yang diserang. Karena rematik memiliki faktor penyebab yang beragam maka organ tubuh yang terkena pun juga akan berbeda – beda. Penyakit rematik dapat terjadi pada bagian tulang sendi, leher, bahu maupun pinggang. Jika pada bagian tersebut terserang penyakit, maka penderita akan merasakan sakit yang sangat hebat pada bagian tersebut. Namun, pada penderita asam urat hanya mengalami gejala rasa nyeri pada bagian sendi saja yang terkena asam urat. Biasanya gejala nyeri pada asam urat terjadi pada bagian kaki. Bagian kaki yang mengidap asam urat akan beresiko terserang penyakit rematik.

Memang beberapa orang berpendapat bahwa rematik dan asam urat sama adalah hal yang benar. Kedua penyakit ini memiliki kesamaan dalam hal pencegahan dan proses penyembuhan. Kebanyakan kasus asam urat dan rematik menyerang karena adanya pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, bagi Anda yang mengidap penyakit asam urat maupun rematik sangat dianjurkan untuk melakukan pola hidup yang sehat seperti mengonsumsi makan makanan yang sehat serta menghindari pantangan makanan bagi penderita rematik dan asam urat. Di samping itu, mengatur waktu olahraga dan istirahat Anda. Kedua hal ini harus dilakukan secara rutin karena akan membantu metabolisme tubuh.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat penting bagi penderita rematik dan asam urat sebab olahraga yang teratur akan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, menghindari rokok dan alkohol merupakan cara lainnya dalam penurunan kadar asam urat. Di samping itu, obat – obatan kimia juga perlu dihindari sebab dapat menumpuk di dalam tubuh. Maka dari itu, dalam penyembuhan gejala penyakit asam urat dan rematik dapat dilakukan dengan bahan herbal dan alami.

Ramuan bahan herbal pengobatan asam urat dan rematik

  1. Jahe

Jahe merupakan bahan rempah – rempah yang sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk membuat ramuan dalam mengobati gejala penyakit asam urat dan rematik bisa dilakukan dengan cara menyiapkan 2 ruas jahe, kemudian potong dan sedikit dipipihkan. Rebus jahe yang sudah dipipihkan tadi dengan 1 gelas air. Jika sudah mendidih, Anda bisa meminumnya langsung selagi hangat. Dan Anda bisa menambahkan 1 sendok teh gula pasir atau madu murni, jika jahe terasa sangat menyengat. Anda bisa mengonsumsi, minuman ini setiap hari untuk pengobatan secara maksimal.

  1. Kulit manggis

Kulit manggis memang sangat bagus dalam kecantikan. Namun, tidak hanya itu kulit manggis ternyata sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit asam urat dan rematik. Cara membuatnya bisa dilakukan dengan kulit manggis yang telah diiris tipis kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu, kulit manggis yang sudah kering tadi bisa langsung dikonsumsi dengan menambahkan air panas. Jika Anda kesusahan dalam mengolah kulit manggis, Anda bisa membeli ekstra kulit manggis yang sudah banyak beredar di pasaran.

  1. Cengkeh

Dalam mengatasi gejala penyakit asam urat dan rematik dapat menggunakan bahan herbal tradisional berupa cengkeh. Dalam pembuatan cengkeh bisa dilakukan dengan cara menumbuk cengkeh. Dan campur tumbukan cengkeh tersebut dengan jahe bubuk atau jahe tumbuk. Ramuan ini bisa Anda gunakan dalam mengobati peradangan dan pembengkakan asam urat dan rematik. Jadi, ramuan ini merupakan jenis ramuan untuk pengobatan luar saja.

  1. Kumis kucing dan meniran

Bahan herbal yang lainnya sebagai penyembuh asam urat dan rematik adalah meniran dan kumis kucing. Kedua jenis bahan herbal tersebut terkandung manfaat yang baik dalam mengobati asam urat dan rematik. Kandungan di dalam kedua tanaman tersebut adalah damar, kalium, filatin, tanin, flavonoid dan hipofilatin. Di samping itu, kandungan kumis kucing berupa senyawa osthophonin glikosida sangat berkhasiat dalam mengeluarkan kelebihan asam urat di dalam tubuh. Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus kumis kucing dan meniran dengan 3 gelas air. Kemudian setelah mendidih saring ramuan tersebut dan langsung konsumsi selagi hangat. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi ramuan ini 2 kali sehari sampai rematik dan asam urat benar – benar berkurang.

  1. Akar pepaya gantung

Jenis bahan herbal ini merupakan jenis bahan herbal yang dikhususkan dalam mengobati penyakit rematik. Dalam membuat ramuannya, Anda bisa menyediakan 5 potong akar pepaya. Setelah dicuci, rebus potongan akar gantung pepaya tersebut dengan 4 gelas air. Jangan lupa untuk menambahkan 3 sendok makan lengkuas halus. Dalam mengonsumsinya, tambahkan gula aren sebagai pemanis alami. Minum ramuan ini 3 kali sehari secara rutin dalam penyembuhan rematik dan asam urat.

  1. Mengkudu

Bahan herbal terakhir dalam mengobati gejala penyakit asam urat dan rematik adalah mengkudu. Mengkudu memang sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit di dalam tubuh. Dalam pengolahan mengkudu bisa dilakukan dengan merebus mengkudu dan menambahkan madu murni. Rebusan mengkudu bisa langsung diminum selagi hangat.

HINORI-TNO 2

Namun, sekarang telah hadir ekstra mengkudu tanpa harus membuat Anda repot dalam mengolahnya. Jenis ramuan tersebut adalah TNO yang merupakan produk herbal dengan bahan dasar 100% mengkudu alami. TNO memiliki kandungan yang baik dalam mengatasi gejala penyakit asam urat dan rematik. Seperti yang kita ketahui bahwa pengobatan kedua jenis penyakit ini sama. Maka dengan mengonsumsi TNO dapat mengobati kedua jenis penyakit ini.