«

»

Gejala Penyakit Asam Urat Pada Kaki Yang Sering Membuat Tidak Nyaman Penderita Asam Urat Dapat Diatasi Dengan Mengonsumsi Beberapa Jenis Makanan Yang Dianjurkan

Gejala Penyakit Asam Urat Pada Kaki Bisa Dituntaskan Sampai Keakar Masalah Melalui Hinori TNO Yang Bekerja Langsung Melalui Sel Darah Dan Tentunya Dibantu Oleh Asupan Makanan

8 Jenis Makanan dan Minuman Untuk Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat Pada Kaki

Gejala penyakit asam urat pada kaki yang diderita oleh penderita asam urat akan sangat menyakitkan dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Asam urat atau istilah medisnya disebut sebagai Gout Arthritis merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan asam urat yang berbentuk kristal pada persendian. Pengeluaran yang terganggu disinyalir sebagai pembentukan kristal asam urat. Selain itu, asam urat juga dapat disebabkan oleh intake yang berlebihan di dalam tubuh.

Gejala asam urat

Gejala penyakit asam urat lebih sering menyerang bagian kaki sehingga penderita asam urat akan sangat kesulitan dalam berjalan sekaligus merasa tidak nyaman. Berikut ini gejala asam urat lainnya yang sering terjadi pada kaki, seperti :

  • Daerah persendian pada kaki akan terasa ngilu, linu, nyeri, kesemutan terkadang ada pembengkakan dan peradangan yang berwarna kemerahan.
  • Rasa nyeri yang terjadi akan terjadi berulang – ulang.
  • Penyakit asam urat yang sudah memasuki tahap parah akan membuat kaki terasa sakit dan susah untuk digerakkan.
  • Kaki akan terasa nyeri yang hebat pada pagi hari dan malam hari.

Makanan bagi penderita asam urat

gejala penyakit asam urat 19

Jenis makanan yang dianjurkan untuk menghilangkan gejala penyakit asam urat pada kaki merupakan jenis makanan yang rendah akan kadar purin atau bahkan tanpa adanya kadar purin. Sebab penderita asam urat sangat disarankan menghindari makanan dengan kadar purin yang tinggi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk mengurangi penyakit asam urat pada kaki.

  1. Minyak zaitun

Anda bisa mengganti mentega ataupun minyak nabati dengan minyak zaitun dalam proses memasak. Minyak yang telah dipanaskan akan berubah menjadi tengik dengan cepat. Minyak yang tengik inilah yang akan menghilangkan vitamin E. Di mana vitamin E sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh.

  1. Makanan yang kaya akan serat

Menurut sebuah penelitian, makanan dengan serat yang tinggi akan membantu meringankan gejala penyakit asam urat pada kaki sekaligus menurunkan kadar asam urat. Hal ini disebabkan karena makanan dengan serat yang tinggi akan membantu menyerap asam urat yang berada pada aliran darah. Lalu akan dikeluarkan melalui ginjal bersamaan dengan urin. Maka dari itu, rutin dalam mengonsumsi makanan dengan serat tinggi akan sangat membantu dalam mengobati asam urat.

  1. Jeruk nipis

Jenis buah yang satu ini merupakan jenis buah dengan banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Salah satunya dapat menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. Kandungan di dalam nipis yang berupa asam sitrat dan asam askorbat akan berperan aktif dalam mengontrol kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Menurut penelitian, mengonsumsi asam askorbat dan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis maupun jenis buah yang lainnya seperti stroberi, jeruk maupun pepaya selam 2 bulan akan menurunkan kadar asam urat tinggi secara optimal.

Dalam mengonsumsi jeruk nipis bisa dilakukan dengan meminumnya sebanyak 2 gelas campuran jeruk nipis setiap harinya. Selain itu, jenis buah lain dengan kandungan vitamin C dapat Anda konsumsi sebanyak 2 hingga 4 kali setiap harinya

  1. Buah apel

Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah dapat dinetralkan dengan kandungan buah apel yang sangat penting berupa asam malat. Dalam mengontrol kadar asam urat Anda bisa dengan mengonsumsi 1 buah apel setiap harinya. Buah apel juga akan membantu mengurangi resiko kambuhnya penyakit asam urat. Selain mengonsumsi buah apel, Anda bisa mencoba beberapa olahan lain dari buah apel, misalnya cuka sari apel. Cuka sari apel akan sangat bagus dalam membantu proses pencernaan sehingga asam urat bisa dikeluarkan dengan mudah. Dalam mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 1 gelas air dan tambahkan 2 sendok teh madu.

  1. Buah cherry

Buah dengan warna merah yang segar sekaligus ukurannya yang kecil merupakan salah satu jenis buah yang patut Anda coba untuk mengatasi gejala penyakit asam urat pada kaki. Hal ini disebabkan karena kandungan buah cherry yang berupa anthocyanins dan antioksidan yang tinggi. Kandungan anthocyanins di dalam buah cherry akan sangat membantu dalam mengurangi anti radang dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat kristal asam urat yang tertimbun. Di samping itu, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 40 buah cherry setiap harinya dapat membantu pengeluaran asam urat oleh ginjal.

  1. Makanan dengan karbohidrat kompleks

Beberapa makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang bagus adalah gandum, beras cokelat, kentang, labu, jagung serta beberapa jenis sayuran dan buah – buahan seperti kol, brokoli, terong, wortel dan sebagainya. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks sangat bagus sebagai pengganti karbohidrat sehari – hari yang mengandung fruktosa. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

  1. Air putih yang banyak

Mengosumsi air putih yang banyak akan memaksimalkan pengeluaran asam urat yang tinggi. Maka dari itu, mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari akan membantu kerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat yang tinggi pada kaki.

  1. Mengonsumsi TNO

hawai-tno

TNO merupakan jenis produk herbal yang terbuat dari buah noni atau biasa dikenal dengan buah mengkudu. Seperti yang kita ketahui bahwa buah mengkudu memiliki khasiat dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit, terutama asam urat yang sudah lama diderita. Kandungan di dalam TNO akan mengurangi gejala penyakit asam urat pada kaki yang sangat mengganggu. Selain itu, TNO juga akan berfungsi sebagai anti radang dan anti bengkak. Mengonsumsi TNO setiap hari akan mengoptimalkan kerja ginjal dalam pengeluaran asam urat. Di samping itu, TNO akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan memperpanjang harapan hidup Anda.